Writer World

97124613Genius Menulis MiringJudul: Genius Menulis: Penerang Batin Para Penulis.
Pengarang: Faiz Manshur
Pengantar: Remy Sylado
Penerbit: Nuansa Cendekia, Bandung (Anggota IKAPI)
Tahun: 2012
Tebal: 288 Hlm. 

***

Di masa sekarang, profesi penulis semakin marak. Maraknya dunia online membuat kesempatan para penulis terbuka. Menjadi penulis tidak perlu lagi menimbang banyak pengalaman karena daya tamping media massa cetak maupun online sudah jauh berbeda dengan era 1990-an silam. Bahkan untuk masuk kategori penulis buku sekalipun, kesempatan terbuka lebar.

Masalahnya, bagaimana seharusnya menjadi penulis yang baik, sukses dan bisa tercukupi kehidupan sang penulis dari pekerjaannya?

Inilah pertanyaan fundamental yang banyak ditanyakan oleh penulis, dan calon penulis muda. Kenyataan mengatakan, bahwa menjadi penulis bukan sekadar hobi, bukan pula sekadar mejadi tukang ketik, bukan pula sekadar ingin popular, termasuk tidak juga sekadar untuk uang. Kehidupan penulis sejati, meliputi dimensi luas yang menyangkut hubungan seseorang dengan materi dan ruhani sekaligus.

Melihat peta kehidupan seperti itulah buku Genius Menulis hadir. Dengan caranya yang khusus, yakni menelaah secara mendalam hubungan penulis, karya, media massa, dan masyarakat, penulis buku ini sangat ambisius melakukan pembaruan. Hal itu paling tidak bisa dilihat dari dua sisi.

Berbeda dengan kebanyakan buku kiat, tips atau rumus jitu, buku ini mewacanakan sisi-sisi lain dari dunia penulisan. Bisa dikatakan sebagai satu-satunya buku di Indonesia yang secara mendalam mengungkap kehidupan para penulis. Dan lebih dari itu juga membuka masalah-masalah kehidupan batin penulis.

Hal yang menarik disimpulkan secara umum adalah bahwa, profesi penulis menurut Faiz Manshur harus dihayati sebagai bentuk tanggungjawab sosial. Seseorang yang ingin menjadi penulis,  tidak cukup bekerja di wilayah kerajinan (craft) saja, melainkan butuh pembelajaran hidup, atau lebih tepatnya seni hidup menjadi penulis. Maksudnya seni di sini ialah metode perjuangan hidup untuk mengatasi problematika hidup. Nah, penulis tidak hanya cukup mahir menyusun naskah, melainkan harus pula mahir mengemas karya secara baik, bekerja rutin secara baik, memiliki pandangan hidup yang baik, dan seterusnya.

Di sinilah Faiz Manshur merumuskan strategi genius dalam dunia penulisan. “Genius bukanlah istilah sakral, melainkan istilah untuk menyebut “orang yang memiliki kemampuan lebih dalam berpikir dan berkarya”. Dengan modal kemauan dan kerja keras, setiap orang bisa memaksimalkan potensi pemikirannya sehingga menghasilkan karya yang luar biasa.(Halaman 29).

Genius Menulis menandaskan prinsip kerja keras dan kerja cerdas menjadi sesuatu yang sangat penting dikuasi oleh penulis. Tanpa keduanya, seseorang bisa jadi mati kutu di tengah jalan. Kerja keras mungkin banyak dilakukan para penulis, tetapi tidak setiap penulis memiliki kecerdasan, terutama pada wilayah publikasi, pemilihan tema (produk) yang ditulis dan lain sebagainya.

Karya ini nampak matang, dan bukan sekadar lazimnya buku lain. Remy Sylado, seorang penulis pesohor Indonesia mengatakan buku ini bukan sangat cerdik-cendekia dan tidak seperti kebanyakan buku panduan menulis yang dianggap kelas guru desa.

Lebih dari sekedar buku motivasi, sebenarnya buku ini layak disebut sebagai buku pembangunan mental hidup para penulis. Mentalitas yang tangguh sangat dibutuhkan penulis karena seorang penulis tak akan lepas dari kebutuhan belajar sepanjang hidup, terus mengasah kemampuan diri, mengenal ruang kehidupan yang maha luas dan yang tak kalah penting adalah kewajiban untuk mampu mengatasi persoalan hidup, baik urusan internal keluarga maupun urusan eksternal dalam ruang publik kemasyarakatan.

Akhir kata,- pendapat Acep Zamzam Noor pada bagian apresiasi buku ini terasa tepat direnungkan. Ia katakan, “saya kira buku ini bukan kategori kiat praktis menulis, melainkan lebih pada upaya kuat agar kita berani terus menjadi penulis dengan segenap risiko dan keuntungannya. Kita akan beruntung membaca buku ini.”

Selamat membaca..

(Muhamad Amin)
http://forumlingkarpena.net/hikmah/read/dunia_kehidupan_penulis

Advertisements

Terima kasih sudah berkunjung :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: