Memotong Fajar Menjadi Sepuluh (1)

picture: 1.bp.blogspot.com

menerka cinta
seperti meraba udara

semakin kuat, mendesah
semakin jelas, menjejak

Kau beri atas nama cinta
jawabMu
tak berlalu

pesanMu selalu:
jagalah ia

seperti kau menjaga nyala
ditengah gulita

Kau bilang ini cinta?
Aku tidak bisa berkata cinta. Padamu. Karena aku malu. Sebagaimana para penyair berdendang di panggung pentas, sebagaimana para pujangga menyanyikan lagu suka, ini sungguh berbeda dari seluruh uraian panjang para penyair dan pujangga. Aku tak tahu apa namanya.

Ah ya, kau bilang ini cinta?
Mulutku teralu kelu menguraikan satu persatu. Ketika kau datang dengan sebuah kepercayaan, apa yang kau kehendaki dari pertemuan itu? Kau begitu tergesa-gesa mengatakannya. Hatimu begitu terburu-buru mengartikan lekuk rautku.

Seperti apakah cinta?
Setiap manusia selalu mengulang kata itu. Aku jadi cemburu. Itukah yang akan kau tunjukkan? Cepat sekali. Kau sudah mengatakannya lebih dulu. Berharap kata itu benar-benar menyala dari hati kita. Begitukah? Hampir setiap usai pertemuan, kau ulang lagi, kau sebut lagi. Seolah-olah dunia ini kehabisan kosa kata.

Baiklah,
Nurani memang tak pernah bisa didustai. Aku terlalu memaksakan diri. Menganggapmu selalu mengungkit kata itu. Padahal kau hanya berharap. Setiap hati yang hadir baiknya menyebut diam-diam di sepertiga malam.

Aku mulai terbiasa. Kata itu, yang menjelma doa, membiasakan alat inderaku bekerja dengan rasa senang. Aku senang. Kau baik.

Begitu dulu.

waktu pertama,
Kamis, 1 Agustus 2013
23 Ramadhan 1434 H
21:50 WIB

Terima kasih sudah berkunjung :)

