Luang

BethanywallfAku bangun malam ini, setelah satu nada dering masuk. Lelap yang semula merapatkan katup mata, hilang sudah. Ketika aku ingin kembali tidur, rasanya ada sesuatu yang harus kulakukan terlebih dulu.

Mencerna dan menafsirkan kembali perasaanmu.

Bebannya berat sekali. Sedangkan aku hanya punya 2 pundak, yang sudah digunakan semuanya. Kau harus mengerti sekali lagi; bebanmu tidak akan pernah melebihi Besarnya Allah. Kau hanya perlu berani mengambil satu pilihan dan percaya dengan keputusanmu memilihnya.

Aneh, aku tidak berkeringat sebagaimana biasanya selalu basah kuyup acapkali usai memikirkan masalahmu, kemudian terbawa sampai alam bawah sadar. Malam ini aku benar-benar merasakan tanganku terbuka total, siap menerima apapun yang hendak Allah beri.

Melaluimu, mungkin aku harus beerpikir kembali untuk tidak gegabah mengambil keputusan besar. Aku harus memilih, sama sepertimu. Tetap di dalam rumah, dan hanya membuka jendela serta pintu saja, atau keluar rumah dan merantau.

Kupikir, aku harus segera mengakselerasi kedewasaan. Ini kesempatan dalam luang.

Allah telah memberiku waktu luang. Bukankah ini juga amanah? Aku harus mengenal agamaku lebih baik dan lebih dalam lagi. Fokus dalam ibadah kepada Allah, akan mengurangi kefokusan pada dunia, karena Allah akan senantiasa memudahkan urusan dunia sehingga ia akan terlihat sangat kecil, bahkan tak berarti apapun.

Lalu kau?
Apa yang akan kau lakukan setelah ini?

***

malam idul adha
Bogor, 14 Oktober 2013

(9 Dzulqo’idah 1434 H)
0:28 WIB

2 comments

  1. Setelah ini saya mau ke Bara dulu. Makan. Laper soalnya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

