Aku Iri

Aku selalu iri sama Ibuk.
Aneh ya? Ember..

Aku selalu iri sama Ibuk.
Yang nggak pernah mikir dua kali kalo mau nolong orang.

Aku selalu iri sama Ibuk.
Yang selalu sedih kalo bangun setelah adzan subuh.

Aku selalu iri sama Ibuk.
Yang nggak pernah ketinggalan sholat malam, dhuha, puasa sunnah, sampe sedekah.

Aku selalu iri sama Ibuk.
Yang setiap jalan kaki keluar rumah, selalu ada orang yang nyapa atau senyum, meskipun Ibuk nggak kenal siapa mereka.

Aku selalu iri sama Ibuk.
Yang kenal deket sama semua keluarga besar. Bahkan deket banget sama kakaknya kakek buyut, keponakannya kakek buyut, sepupunya nenek buyut. Pokoknya kenal semua keluarga sampe akar-akarnya, bahkan yang nggak terdeteksi sensus penduduk. *lebay*

Semua keluarga sayang banget sama Ibuk. Semua keluarga kenal aku, karena kenal Ibuk. Ibuk selalu dikangenin sama orang-orang. Aku iri, Buk..

Aku selalu iri sama Ibuk.
Yang selalu berusaha mengistimewakan dirinya di hadapan Rabb-nya. Allah pasti lihat itu, Buk..

Kayak sekarang,
Allah hadirkan dua gadis kecil ke rumah kita. Yatim, terlantar, sama sekali nggak keurus (lebih tepatnya nggak diurusin sama Ibunya).

Aku iri banget sama Ibuk.
Yang selalu sibuk dengan nolong orang lagi, nolong orang lagi. Makannya dua bocah itu, mandi, sekolah, tidur, main, pokoknya mulai dari buka mata sampe nutup mata, semua Ibuk yang urus. Padahal kalo mau simple, Ibuk bisa nolak dua bocah itu tinggal di rumah. Tinggal kasih santunan aja, cukup. Hal normal yang akan dilakukan mayoritas orang.

Tapi Ibuk lebih memilih turun tangan.
Ngurusin dua bocah kecil itu langsung. Nggak pake jijik, nggak pake geli, nggak pake mikir “ini anak orang, bukan anak gue”.

Bahkan sampe salah satu dari dua bocah itu ada yang sakit -maaf- korengan, Ibuk santai ngasih salep pake tangannya sendiri.

Aku nyesel buk, malu.
Kenapa aku yang berusia jauh lebih muda, tapi nggak bisa berbuat lebih banyak kebaikan. Aku yang masih kuat, sehat, seharusnya lebih bersemangat menebar manfaat. Bukan sibuk debat, nyacatin orang (mencari dan membahas kesalahan orang lain). Aku nggak perlu jauh-jauh cari perbandingan ke orang-orang diluar sana. Udah ada Ibuk yang sukses bikin aku iri, nyesel, termotivasi, gado-gado deh.

Ibuk nggak pernah banyak bicara, tapi selalu banyak hal-hal yang udah Ibuk lakukan. Dan bodohnya, aku baru tau setelah Ibuk ngelakuin itu. Aku nyesel lagi, kenapa nggak ikut di dalam prosesnya. Nggak ikutan aktivitas kebaikan yang Ibuk lakukan.

Itu semua karena aku masih terlalu sibuk dengan urusan sendiri. Ada mimpi yang harus kita bangun bersama, Buk. Ada banyak, bukan cuma satuan, belasan, atau puluhan. Ada ratusan, bahkan jutaan impian yang HARUS kita lakukan bersama. Ya, kan Buk? 🙂
Kan Ibuk udah janji, kita bakal masuk surga bareng-bareng. Ketemu dek Rian yang ganteng 😀

HR_0247

Buk… Ibuk….
Makasih udah ngajarin aku tentang ketulusan.
Makasih udah ngajarin aku tentang kelapangan hati.
Makasih udah ngajarin aku tentang kesabaran nggak pake berhenti.
Makasih udah jadi bagian dari hidupku yang istimewa ini. 🙂

The best thanks for Allah, gave me a special mom!

Aku sayang Ibuk.. :*

hhoaaam.. emak gue udah pules. haha
Bogor; Kamis, 5 Desember 2013
21:39 WIB

9 comments

  1. Terharu bacanya :”)

  2. rishajasmine · · Reply

    Saya juga iri sama ibuk.. She is the best! indeed!

  3. salut sama ibuk moe.. nak 🙂

    1. alay lu 😛

  4. Wow. Keren sangat ini mbak.
    Widih 🙂

    1. hehe, aamiin.. makasih mbak 😛
      kayak mbak nggak keren aja deh

  5. […] pernah nulis tentang perasaan iri saya sama Ibuk di sini. Biasanya, saya iri ke temen sepantaran, ketika misalnya, hapalan dia lebih banyak, amal sholih dia […]

Terima kasih sudah berkunjung :)

