Berangkat ke Belanda? #2

Sore-sore pas mati lampu, tiba-tiba Ibuk bilang (lagi) sesuatu yang seharusnya bikin saya kaget. Haha.. Tapi udah kebal sih. Soalnya beliau emang suka -maaf- galau. Bentar bilang A, besok B, besok balik lagi ke A.

“Kamu kalo mau kuliah ke Belanda, jangan sendirian ya?”

Saya yang lagi makan pepes ikan, ancang-ancang biar ga keselek. Lumayan itu durinya kalo nyolok tenggorokan. Ini arahnya udah ketebak mau kemana. Saya masih dengan tenang makan ikan, nasi, tambah lalap sambel.

“Kalo bisa kuliah disana sama suami-mu. Biar mau ngapa-ngapainnya enak, ada yang jagain”
Nah! kaaaaaan kaaan..  Alhamdulillah ga keselek
saya kan agak malu-malu gimanaaa gitu. Hahah *emot gue enggak banget*

Saya jadi inget satu artikel yang pernah saya baca. Tentang fatwa dari salah seorang ulama muslim (bukan orang Indonesia) bahwa kita ga boleh belajar ke luar negeri kalo belom menikah. Beuhh.. ekstrim banget yak. Daripada saya menghujat ini artikel radikal, itu artikel tak menjunjung demokrasi, blah bleh blih bluh.. Saya coba ambil sisi positifnya aja. Mungkin maksud beliau itu supaya para wanita terjaga kesuciannya, ga terjebak ke dalam hubungan aneh-aneh (notabene disana kan pergaulannya bebas dan free sex jadi hal yang wajar) Gitu juga pria, supaya ga mudah tergoda wanita bule yang cantiknya pake banget.

Yah, walopun ga semua orang juga segampang itu ngelakuin hal yang buruk disana. Barangkali maksud ulama itu untuk mencegah mudharat atau keburukan yang peluangnya akan lebih banyak terbuka di luar negeri, khususnya negara barat. Cuma Allah yang bisa menjamin selamat atau enggaknya seseorang. Tul? Wallahu’alam bissawab.

baiklaaaah.. terserah Ibuk aja deh ikhlasnya saya gimana, ridhonya saya kemana. Yang pasti saya udah nolak keras dan tegas kalo saya ga mau ambil S2 di bidang yang sama dengan S1. Heheh.. maaf ya buuk.. kita kan udah bikin perjanjian. :mrgreen:

hahah

tiba-tiba pegel
Bogor, 26 Februari 2014
7:58 PM

7 comments

  1. Hahahaa.. iseng banget Ibuknya, kak.. hihii..
    tapi keren! itu beneran eyang kakak tinggal di belanda? saya selalu kagum sama orang atau ada keluarganya yang tinggal di luar negeri. rasanya bikin iri dan bkin semangat!

    kalo jadi “jalan-jalan” ke belanda, ajakin dong Kak. #eh haha >_<

    1. iya, eyangku ada banyak. Beliau itu yang keberapa gitu. 😆
      Ntar jalan kaki gitu ya ke luar negerinya 😛 *inget postingan tawa*

      1. eyangku masih di Indonesia semua.. Hmm.. mungkin generasiku bisa kali ya, buka partai, biar ntar cucuku bisa nulis di blog juga krna kaget di ajakin keluar negeri sama eyangnya. hahaha >_<

        wahaha, bisa, kak, bisa.. bisa kelelep ketemu hiu ._.

  2. Haha. Setuju banget sama kata ibuk Sekar. Lebih aman, bisa saling jaga&mengingatkan.
    Pas aku keluar kemarin, banyak cerita2 kurang enak didengar soal LDR orang yang udah nikah, maupun orang yang belum nikah ^^
    Meskipun balik lagi ke masing2 orang sih. Cuma imo, better kamu ke sana sama ‘seseorang’.
    😀 v

    1. that is just as well 😀
      ciyeeh pengalaman

Terima kasih sudah berkunjung :)

