Hati-hati Terhadap Acara Ini! #2

Karena kita tak pernah duduk
di bangku-bangku dengan bayangan yang sama,
mungkin aku butuh perjalanan
hingga keletihan akrab dengan asal-usul
(Jalan-jalan Penuh Nyanyian, W Haryanto-1972)

Tiga hari dua malam.
Yogyakarta tiba-tiba punya cerita panjang tentangmu. Keletihan dalam perjalanan panjang, selalu menarik untuk dikisahkan. Bahwa kita akan berdampingan sampai kembali pulang. Ya, aku dan kamu. 🙂

***

Dulu, waktu aku kecil, waktu aku masih gemar bermain boneka dan masak-masakan, waktu aku tak pernah bisa menentukan kemana akhir pekan dihabiskan untuk jalan-jalan. Aku cuma bisa tertawa-tawa, berlarian, lalu pulang dalam bentuk kegembiraan yang, sebetulnya, sama saja di semua tempat. Menggebu dengan euforia kunjungan ke lokasi baru. Setelah itu, yang diingat ya hanya senang-senangnya, apa yang membuatku tertawa. Tidak lebih.

Tapi memang begitulah skenario pola pikir dan pemahaman manusia. Niscaya, sebuah kedewasaan akan membuat siapapun semakin mengerti apa yang dilihat. Memahami apa yang dirasakan. Kemudian merekam baik-baik, apa yang sekiranya menguntungkan. Termasuk kamu.

Waktu hujan jatuh
Ada yang lari dan tetap luruh
Meski keduanya menyimpan romantika
pun cerita ria jutaan manusia

Aku mulai mencari
Satu.. satu..
diantara tumpukan rindu
dan harap..

Disana..
Ada doa terjaga

Kamu tahu?
Setelah usiaku memasuki dewasa muda, aku semakin paham bahwa berdoa di waktu hujan turun itu sungguh baik. Dan aku berdoa untuk kamu. Semoga kamu bagian dari jejak masa depanku. Sampai aku tiba di kotamu yang selalu menyimpan rindu. Tiba-tiba tubuhku disergap penyesalan. Kenapa tidak dari dulu, dari aku kecil, kutulis baik-baik setiap jengkal kotamu? Kenapa aku hanya tertawa-tawa, berlarian, dan sekedar senang-senang saja?

Hidup itu selalu mengajarkan penyesalan, Nduk.
Kalau kamu ndak pernah merasakan sesal,
kamu ndak pernah belajar yang namanya persiapan sebaik mungkin sebelum bertarung.

Hidupmu isinya pertarungan, tho?

Di sini, meskipun hujan sering turun di kotaku kini, aku kesepian. Selalu butuh tempat untuk bisa kuajak diskusi soal passion-ku yang satu itu. Lalu seperti hujan, tiba-tiba kamu turun, mengguyur deras kepalaku. Seperti cerita fantasi, air bah dari langit dengan segera membawaku menuju Banguntapan. Dan perjalanan ke sisi timur itu menjadi begitu istimewa.

***

Aku tiba.

Berbinar, aku melihatmu mengenakan lurik, menjinjing tas kain berisi keprak, dan menatapku masuk gerbang dengan senyum sempurna terkembang. Inikah yang sering disebut orang dengan ‘bahagia itu sederhana’? Mungkin 🙂

Kukucek mata yang terasa agak perih. Aku bertanya dalam hati, apakah ini kostummu untuk meyambutku? Ah, berlebihan sekali isi kepalaku. Begini ya rumitnya wanita menerjemahkan segala sesuatunya? 😀

Tiga hari dua malam.
Kita tak pernah akrab. Juga tak pernah mencoba untuk saling mengakrabkan diri.
“Tidak seperti pahlawan yang ingin dituliskan riwayat hidupnya, perasaan tidak memerlukan titimangsa semacam itu…” [Bode]

Baiklah,
Aku berharap hubungan kita akan terus berlanjut. Kita terus saling mendoakan, saling menyemangati, saling mengoreksi hasil karya masing-masing. Semoga kota ini kembali menukilkan cerita baru di masa depan kita. Bersama.

Ya! bersama!
onion-head96 *ini kayaknya emot gue terlalu menggoda* -,-

besok masih ujian! kyaaaaaak! ><
Bogor; Jumat
, 11 April 2014

19.59 WIB

7 comments

  1. Adududuh penasaran dengan “si kamu yg berkain lurik” ituuu, btw emot-nya menggoda begitu apa maksudnya yah ? *nyengir

    1. itu, maksudnya aku….. *malu*
      #ahsudahlah :p

  2. cie… satpam mana lagi?

    1. huahahaha. itu, satpam yang hafiz 🙂

      1. O, si hafiz? 😀

  3. […] kuper. Lets make your journey! Saya mulai menyukai aktivitas jalan-jalan karena kota Yogyakarta. 😀 Masa kecil yang saya habiskan di kota Atlas itu, membawa saya paling tidak satu kali dalam setahun, rutin mengunjungi beberapa lokasi wisata di […]

Terima kasih sudah berkunjung :)

