Simple Thing That Called Treasure is Shawshank Redemption

Sambil merem melek karena instrumental melodi So Was Red_Ending asik banget buat didengerin~ Eh, tapi judul tepatnya nggak tau ding. Waktu googling, nemu, langsung download aja. Itu tadi original soundtracknya film yang mau saya bahas berikut ini. 😀

Review Film Kedua!
Yeay! Selamat! Inilah ulasan film kedua saya setelah dulu sempat mengulas satu film di awal tahun 2014 yang nggak kalah keren juga (klik di sini). Gilak! Setahun kemudian baru ngereview film lagi!

Tampaknya, untuk ke depan saya akan lebih rajin review film (?) karena semenjak KKN ke desa, saya berubah jadi sufi (suka film). Sampe bela-belain beli harddisk 1 tera, men. Ini namanya satu paket; niat, tekad, kesungguhan, kegigihan, dan nggak tau diri. Wkwk. 😛

Shawshank-Redemption_-TheDua kali review film, selalu aja ketinggalan berita. Shawshank Redemption dirilis tahun 1994, dan sampai sekarang selalu menempati posisi pertama di IMDb. Rating film ini susah digeser sama film lain. Saking kerennya! Film nomor 1 sepanjang masa.

FYI, IMDb adalah Internet Movie Database. Situsnya bisa diakses di link ini. Situs IMDb menyediakan database film-film yang sangat lengkap. Nggak cuma film barat, tapi juga film asia, dan bahkan film indonesia juga ada. Oiya, serial TV juga ada. Informasi yang IMDb kasih juga lengkap banget. Siapa aja aktor/aktriss yang main di film itu, sinopsis singkat dari filmnya tanpa bocorin bagian-bagian penting filmnya, link untuk trailer film, tanggal rilis untuk beberapa negara, review dari user-user yang lain, dan yang paling penting buat saya, rating dari film tersebut. Semuanya nggak ada spoiler. Mantep buat referensi nonton. Heheh.

Oke, lanjut bahas Shawshank Redemption…

Based on Short Story
Film drama ini disutradarai oleh Frank Darabont dan diadaptasi dari cerita pendek karya sahabat Darabont sendiri, yaitu Stephen King, berjudul “Rita Hayworth and Shawshank Redemption”. Pas diangkat jadi film, judulnya disingkat jadi Shawshank Redemption. Rita Hayworth-nya diilangin karena khawatir penonton mengira ini cerita berhubungan dengan biografi Rita Hayworth, padahal enggak sama sekali. RH cuma jadi tempelan doang.

Penjara Shawshank
Film ini bercerita tentang seorang banker, wakil direktur sebuah bank besar di kota, yang dituduh membunuh istrinya sendiri dan pria selingkuhan istrinya; Andy Dufresne (Tim Robbins). Kemudian dia harus menanggung masa-masa sulit di penjara Shawshank. Pada mulanya, Andy nggak mau bicara sama sekali. Hingga suatu ketika orang pertama yang dia ajak bicara empat mata adalah Red (Morgan Freeman), yang di kemudian hari jadi sahabat baiknya.

shawshank1_2772806bMulai dari bully dari geng pria homo “The Sisters”, sampai menghadapi rutinitas kejam di penjara ini, Andy sempat shocked. Ya diem aja gitu. Makanya Andy jadi satu-satunya tahanan yang disegani sejak pertama kali datang. Red lihat, tahanan lain merasa segan dengan Andy karena sikapnya yang tenang dan plegmatis dengan keadaan sekitar. Seolah dia lagi jalan-jalan di taman sendirian. Andy nggak banyak bicara.

Membangun Kehidupan
Ada beberapa perilaku Andy Dufresne yang sangat berani, dan entah atas maksud membangun pertemanan, membuat dirinya merasa memiliki kehidupan yang sesungguhnya sedang berjalan seperti di luar penjara, atau ada maksud lain, jelas keberadaan Andy mau nggak mau bawa angin segar untuk tahanan lain.

1573_5

Contohnya ketika dia coba tawar-menawar jasa konsultasi soal harta pribadi seorang sipir yang paling ditakuti. Semacam ingin menjalin hubungan layaknya penduduk bumi yang normal, Andy mencoba menggunakan skill bankirnya untuk membuka layanan konsultasi pajak bagi sebagian besar sipir, bahkan kepala sipir Shawshank. Ini tahanan macem apa coba. Manfaatin situasi sekitar dengan cara cerdas.

Andy juga disuruh bantu kepala sipir (Norton) untuk melakukan money laundry atas uang Norton dengan nama samaran “Randall Stephens”. Dan Andy memanfaatkan ini semua sebagai senjatanya di kemudian hari. Cakep.

vlcsnap-7828238

Membangun Tempat Belajar
Dari awal emang udah keliatan kalau Andy ini tahanan spesial. Dia ditempatkan di bagian perpustakaan oleh kepala sipir, dengan alasan menyesuaikan tingkat pendidikan Andy. Dia pake perpus ini buat buka layanan jasa finansial. Sampai dia berpikir untuk minta bantuan ke pemerintah Negara bagian dalam rangka pengadaan dana perpustakaan. Kepala sipir udah bilang, kayaknya nggak mungkin. Soalnya dana cuma disiapin buat bangun tembok penjara. Yah, adanya cuma dana insfrastruktur lah.

shawshank-redemption-library-sceneTapi bukan Andy namanya kalau nggak nekat dan antimainstream. Dia coba kirim surat sepekan sekali. Rutin, selama enam tahun. Sampe pihak pemerintah itu bosan dan akhirnya ngirim berkilo-kilo buku sumbangan khusus untuk penjara Shawshank. Andy telah mengubah gudang menjadi perpustakaan penjara terbaik di New England, lengkap dengan kumpulan lagu terbaik Hank Williams. Sampe suatu ketika Andy ngajar privat seorang napi newbie yang pengen ikut ujian kesetaraan. And Andy nailed it. 😀

Tetep ya, di mana-mana, harta paling berharga itu ilmu, pendidikan, buku. Jos banget ini Andy Dufresne!

Menumbuhkan Bunga Di Atas Batu
Ada satu percakapan di meja makan yang keren dan sayang banget dilewatin. Percakapan antara Andy dan Red, dikelilingi teman-temannya.

“Aku mainkan harmonica saat muda dulu. Tapi aku tak berminat lagi. Tak masuk akal memainkannya di sini” kata Red sambil makan.
“Di dalam sini, justru musiklah yang paling masuk akal. Kau butuh itu agar tak lupa” timpal Andy.
“Lupa”
“Lupa kalau ada banyak tempat di dunia ini yang tak terbuat dari batu. Ada sesuatu di dalam dirimu yang tak bisa mereka renggut, yang tak bisa mereka sentuh. Itu milikmu.”
“Apa maksudmu?”
“Harapan”

Dan sampai akhir, cuma Andy satu satunya tahanan yang tetap gigih dengan prinsipnya, dengan harapan yang selalu tumbuh di dalam jiwanya. Semua cuma butuh kegigihan.

Tim Robbins dan Morgan Freeman
Pertama kali saya tau Morgan Freeman waktu dia main film batman. Banyak gila film yang doi mainin. Olympus Has Fallen, Batman Begins, Red, Transendence, The Dark Knight, An Unfinifhed Life, Deep Impact, dll yang pada akhirnya berhasil bikin dia jadi pemenang Academy Award. Gara-gara Shawshank Redemption juga, dia sempat dinobatkan jadi aktor pria terbaik. Tapi nggak menang sih.

Film ini dapat 7 nominasi Oscar for Best Actor in a Leading Role, Best Cinematography, Best Music-Original Score, Best Sound, Best Writing, and Best Picture! Sayang banget Shawshank Redemption harus rela dikalahkan Forest Gump yang borong 6 piala Oscar. Shawshank nggak memenangkan penghargaan apapun. Kok bisa? KOK BISA?

Its okay. Film ini emang nggak menang piala Oscar, meskipun nominasinya numpuk. Tapi film ini BERHASIL memenangkan hati para penonton di belahan bumi lain, di banyak tempat. Termasuk saya. :”)

Sederhana, Kaya Makna
Nggak muluk-muluk sebenernya film ini. Sederhana banget. Tapi kenapa bisa bertahan jadi film nomor 1 sepanjang masa? karena nilai-nilai kehidupannya itu lho. Tajam banget. Deep, touch, and powerful.

Kayak pesen terakhir Andy buat Red:

Remember Red, hope is a good thing, maybe the best of things, and no good thing ever dies.

Udah, pokoknya recommended banget lah film ini. Saya mau say thanks to my fabulous friend; Izza yang ngenalin film ini. Wuhuu..

nggak spoiler kok, beneran!
Bogor; Selasa, 19 Mei 2015
21:39 WIB, 9:39 pm

Advertisements

2 comments

  1. Sejauh ini, film ini masih terbaik di mata saya. Gambarannya tentang harapan sangat menggetarkan…. 🙂

    1. Betuuul! Setuju banget banget! sampek saya bingung, kenapa justru forrest gump yang dapat award ya?

Terima kasih sudah berkunjung :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: