Gara-gara Iqbal

Tiga tahun lalu, saya mendapatkan kitab keabadian miliknya Iqbal dengan cukup terseok-seok. Lalu mulai saya baca dan ternyata cukup lama dicerna otak. Sekarang, saya buka kembali lembar-lembarnya. Cover yang amat sederhana, sama sekali tidak menarik. Bagaimana rasanya kalau kamu tiba-tiba menemukan barang yang hilang sekian lama, padahal penting sekali? Lega, senang, dan berjanji pada diri sendiri tidak akan ceroboh lagi. Barangkali begitu. Nah, perasaan yang sama muncul ketika saya mulai membaca syair “Doa” dan bait seterusnya, dan syair selanjutnya, setelah tiga tahun yang sudah lewat itu.

Ternyata saya baru benar-benar paham, benar-benar menemukan di mana letak keindahan setiap syair Iqbal, yaitu sekarang, pukul 01:52 pagi. Penulis idola saya sering menyebutkan syair Iqbal dalam banyak kesempatan, juga mengutipnya dalam banyak tulisan. Beliau fans berat Iqbal, mengagumi karya-karyanya yang begitu cemerlang. Pada tiga tahun yang lalu itu, karena kenaifan, kefakiran ilmu, dan kebodohan saya – yang sayangnya sekarang pun masih – saya tidak tahu di mana letak indahnya syair Iqbal. Ya sekarang ini saya baru tahu. Berkilau betul lho.

IMG20150721022316Tidak cukup sampai pada syair Iqbal. Saya merasakan betul di usia sekarang ini, segala hal yang dulunya masih plonga-plongo, eh kok sekarang mulai paham satu-satu. Rupanya begini rahasia yang sering orang pintar dan bijak bilang tentang ilmu. Nikmat sekali ya. Hehe… Gara-gara Iqbal, saya jadi semakin suka dengan syair.

javid namah
Bogor, 21 Juli 2015
02:28 am

2 comments

  1. posting dong syairnya seperti apa… 🙂

    1. ciyee mbak Pipit pengen tau 😛

Terima kasih sudah berkunjung :)

