BELAJAR MENULIS DARI FILM-FILM SUPER HERO

Nurbaiti-Hikaru's Blog

Kadang saya sengaja ke bioskop untuk belajar alur cerita lewat film.  Ada beberapa film yang sengaja saja beli VCD originalnya karena saya anggap ceritanya bagus. Misalnya Emak Ingin Naik Haji, Karate Kid, Pursuit of Happyness, Facing the Giant, dan lain-lain.

Saya suka cerita yang tidak mudah ditebak. Salah satu ‘standar’ penilaian saya terhadap buku atau film adalah apakah cerita tersebut mudah ditebak atau tidak. Kalaupun mudah ditebak, apakah ada hal unik lainnya atau tidak. Ini hanya pengamatan saya semata. Namun di antara banyak film yang beredar, ada beberapa kesamaan yang menurut saya bisa diterapkan dalam dunia kepenulisan.

Film-film yang saya jadikan contoh kali ini adalah film tentang para pahlawan super. Superman, Batman (versi Christian Bale), dan Spiderman (versi Tobey Maguire). Inilah pelajaran yang saya temukan:

  1. Tokoh utama yang manusiawi

Satu satu alasan kenapa saya lebih suka cerita hero ala Amerika daripada Jepang adalah tokohnya yang manusiawi. Sehingga…

View original post 1,131 more words

Terima kasih sudah berkunjung :)

