Sekar’s Kitchen Experiment Day #1

Gue lagi punya hobi baru belakangan ini. Eh, bukan hobi juga sih. Sekadar untuk bertahan hidup biar nggak mati lucu karena kelaparan selagi Ibuk mudik. Iyalah, nggak ada yang masakin. Gue mesti belajar pegang spatula, ngiris bawang tanpa ikut ngiris jari, milih wadah isi gula-garam tanpa keliru ngambil botol isi susu bubuk, termasuk cara masukin minyak yang tadinya mau diambil pake gayung wc terus nggak jadi pas inget “oh ya, kan ini tinggal dituangin aja ke wajan

Nggak kali. Nggak gitu-gitu amat gue.

Pertama, gue belajar numis-numis dulu karena yang gampang masakan tumis. Cuma bawang putih, bawang merah, objek yang mau dimasak. Selesai. Paling tambah cabe kalo mau pedes, atau tambah saus tiram. Ini tumis empal kreasi gue. Bumbu dasarnya ya tiga tadi, bawang putih-merah-objek masakan. Tapi gue tambah pake daun bawang, tomat, cabe, saus tiram. Oh ya, sama garam. Btw, empalnya udah dibumbuin duluan sama Ibuk. Jadi gue tinggal bikin suir-suir. Aduh, apa sih bahasanya. Disuir-suir itu…. pokoknya yang tadinya empal itu satu daging utuh, dijadiin kecil-kecil. Something like that lah.

IMG20151004100042

Kedua, belajar bikin bumbu balado. Itu juga masih tergolong oke. Bawang merah-putih-cabe diulek, masak sampai harum, sampai agak kering sedikit, trus masukin deh objek masakannya. Sayang, yang ini lupa difoto. Gue udah terlalu lelah buat nguleknya. Salah-salah malah gue mencet ulekan, bukan mencet kamera HP.

Ketiga, bikin mashed potato. Ini agak repot nih. Sempet ngira salah strategi, eh ternyata enak juga. Tangan gue emang agak berbakat. Alih-alih berinovasi, ternyata bikin yang makan muntab. Tapi seriously, yang ini pertama kali bikin dan langsung enak. Not bad laaah

DSC_0004Keempat, macaroni schotel yang ternyata kurang susu dan keju. Pas diolah, dimasak, trus dikukus, wanginya mantep banget. Giliran dimakan, kayak tahu rebus. Hiks. Btw, semoga temen gue yang bikin ini nggak baca blog gue. Kita bikinnya barengan sih. Tapi dia berkontribusi lebih banyak karena beli bahan-bahan, inisiator pembuatan makanan ini, dan dia masak sambil konsul ke adeknya yang sekolah jurusan tata boga. Buat newbie, tetep lumayan sih. Agak kerasa susunya. Dan ini adalah foto dimana macaroni shcotel itu kekurangan saus (campuran susu-telur-keju-merica). Ini foto sebelum ditambahin adonan sausnya. Pas udah ditambahin, eh lupa difoto. Bleh -,-IMG-20151009-WA0012 Afterall, meskipun banyak bolong di sana-sini, banyak koreksi ini-itu, gue BAHAGIA banget bisa belajar masak. Hal yang tadinya amat sangat malas gue lakukan karena sebagai manusia, gue adalah tipe omnivora, bukan kokivora *halah garing* Oh ya, ini juga bukan karena kode, modus, tanda, hawa, atau aroma kalau gue lagi siap-siap mau kawin. Bosen dibilang gitu muluk ama temen-temen. Yah, gue sih nyadar aja sebagai cewek minimal kudu ngerti yang mana merica, mana ketumbar. Mana lengkuas, mana kunyit, mana kencur, mana kunci, mana temulawak… *sambil googling nyari apa bedanya wkwk* Emang udah masa-nya mungkin (baca: musim kawin temen-temen seangkatan), jadi mau apa-apa, bawaannya dikodein mulu. Lu pikir ini dunia matrix.

Udahan. Kapan-kapan gue nulis lagi yang agak bener, agak seriusan dikit.

#SekarsKitchenExperimentDay
Selasa, 12 Oktober 2015
11:23 PM | 23:23 WIB

Advertisements

31 comments

  1. Bumbu tumis kayaknya ada yang kurang…

  2. Kalo tanaman rimpang mah beli aja yg bubuknya… Jahe, kunyit, kencur, laos/lengkuas…. Semua ada bubuknya…

    1. ceritanya mau nanem gitu mbak tik di pekarangan

      1. wah bagus itu. kunyit juga daunnya bisa dipake masak ๐Ÿ™‚

        1. oh iya mbak? o_O waah langsung cari resep ah *udik*

          1. asik. makasih pencerahannya mbak tika ๐Ÿ˜€

    2. daun kunyit kan dipake buat masak gulai sekar.. ๐Ÿ™‚

      1. Wow apa itu gulai sekar? ๐Ÿ™‚ klo aku so far br dipake buat woku belanga aja

        1. oh ya, daun kunyit bisa dipake buat rendang juga kata Ibuk.

          1. Oh klo rendang, itu memasak level intermediate ๐Ÿ˜‰

      2. aku sampe tanya Ibuk, iya daun kunyit bisa dipake masak. T,T

        gapapa gapapa, masih belajar… *carialesan*

  3. aku sih tau beda bumbu2 dapur.. tapi tetap aja jarang masak..
    rajin ngumpulin resep tapi jarang banget yg dieksekusi.. :))

    sampe2 sering diledekin suamiku

    1. Mungkin buat newbie, masih kerasa serunya kali ya mbak. Semoga aku tetep rajin masak untuk seterusnya ๐Ÿ™‚

      mending resepnya buatku aja mbak.

  4. Prok..prok…Sekar pintar masak loh. mashed potato dan macaroni schotel nya bikin ngiler pengin.
    Salam

    1. aamiin. semoga nanti kalo sering latihan masak jadi pinter beneran ๐Ÿ˜€

  5. tapi si maksku itu tampilannya menggugah selera looh

    1. udah pernah nulis di blog kan ya mbak? coba deh aku kepoin :9

      1. apaan? beloooom hahaha

        1. itu, masakan sendiri. coba dong posting, pengen tau ๐Ÿ˜›

          1. eh btw baru sadar klo pp kita sama yak, gambar kaki hahahaha

        2. itu, masakan sendiri. coba dong posting, pengen tau ๐Ÿ˜›

          1. klo aku masak itu biasanya semangat diawal, poto2 bahan dll, tapi pas jadi hasilnya ga memuaskan, ya ga jadi dipajang hiks

  6. Wih bisa masak mashed potato, aku biasa beli yg instant..atas nama malas :))

    1. cukup sederhana dan mudah kok bikinnya. Dicoba dicoba ๐Ÿ™‚

  7. Waaaah Macaroni Skutel (susah nulis aslinya ๐Ÿ˜† ) itu makanan kesukaan saya. :mrgreen: Ibu saya sering banget bikin itu. Sekalinya bikin bisa tiga loyang. Buanyak. Maklum, dua anak lelakinya tukang makan. ๐Ÿ˜† hahahaha

    1. wah, kalo masakan Ibu pasti enak ya. :9

      1. Ah kalo udah belajar bikin pasti enak kok XD

  8. Aduh kebaca

Terima kasih sudah berkunjung :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: