Cerita Si Kuli Tinta #5

Sudah hampir dua bulan saya jadi karyawan kantor.

Menyenangkan? Ya, lumayan. Saya sudah mulai menikmati rutinitas jurnalis yang bolak-balik bertemu orang baru, tokoh besar, orang-orang hebat, termasuk berulang kali menulis berita yang diburu tenggat waktu pengumpulan dan berkali-kali juga bikin ngos-ngosan. So far, saya bisa mengikuti alhamdulillah… 

Selain mengerjakan pekerjaan jurnalis, profesi ghostwriter tetap saya jalani. Kali ini, saya dapat klien baru yang tidak sesantai dulu-dulu. Maksudnya, klien saya sekarang adalah seorang Bupati di salah satu wilayah timur Indonesia.

Kalau dulu, kliennya gaya anak muda kekinian. Sekarang, saya berhadapan dengan pejabat yang menjunjung tinggi nilai-nilai formalitas, well… ya gitu deh. Saya pernah menulis di sini tentang betapa berat ternyata berhubungan dengan orang-orang besar.

Kenapa?

Sebab ketika kita tahu sesuatu, maka kita tidak hanya sekadar tahu tanpa peran apapun. Pengetahuan baru tersebut diikuti dengan tanggung jawab. Secara tidak langsung, alur normalnya begitu. Cuma, seringkali kita lupa atau memang belum tahu bahwa kita punya beban terhadap apa yang baru kita ketahui. Sederhananya, seperti ilmu yang diperoleh seseorang. Orang itu tidak bisa diam saja, kan? Setiap dapat ilmu baru, dia punya kewajiban untuk menyampaikan dan mengamalkan.

Saya ada di posisi itu sekarang, untuk kesekian kalinya. Beban lho kenal dan punya hubungan bisnis dengan Bupati. Bukan lewat agen, perantara, atau ajudan. Tapi langsung person to person! T_T

Dua pekerjaan ini, jurnalis dan ghostwriter, berhasil menyita waktu dan semangat untuk menyelesaikan novel saya yang tertunda tiga tahun lalu. :”( cem mana nih. Blog juga ikut terlantar, nguli-nguli di media online pun terbengkalai.  Huaaaaaaaaak!! >,<

img20160914174849

Rutinitas membaca buku juga semakin menurun. Seharusnya semakin sibuk, semakin intens membaca ya. Kosakata saya dalam menulis jadi sangat miskin. Hiks. Sebagian besar waktu saya tersita untuk menghubungi orang, membuat janji, dan menulis berita.

Di tengah padatnya pekerjaan jurnalis, salah satu hal menyenangkan yang saya dapat ketika berhubungan dengan narasumber adalah……

undangan pernikahan!

Belum ada 24 jam, bahkan sampai 12 jam pun tidak, salah seorang narasumber berkata dengan bahagianya, “Mbak, kalau ada waktu besok, saya undang ke pernikahan saya. Datang ya…”

#diarywartawannewbie
Ahad, 25 September 2016

2:19 AM

Advertisements

18 comments

  1. Kece lah mba mba yang satu ini
    Smoga bisa bertanggung jawab ya atas setiap hal baru yang diketahui
    Oya, semoga tetap mempertahankan peran inti kamu sbg penulis, jangan trbawa kepentingan. Amiin 😁

    1. huwaak! aamiin yaa Allah >,< meskipun dihimpit kebutuhan realistis, nilai-nilai idealis tetap harus dijaga. Semoga istiqomah Ya Allah… huhu

  2. Bang Ical · · Reply

    Saya ndak nyangka Kak Sekar seorang wartawan 😃😃😃 Keren, keren 😃

    1. wartawan newbie kok bang hehe. Masih adaptasi banget sama sistem kerja yang maraton dan taktis. Yosh!

      1. Bang Ical · · Reply

        Itu dia, kerja maraton dan taktis, kerja wartawan banget 😁😁😁

  3. Wah kak sekar ternyata wartawan

  4. Aaak semangat mba ^^

    1. aaak masamaa semangat juga! 😀

  5. Barakallah ya mbaaa kerjaan barunya, mungkin krn masih adaptasi jadi masih keteteran rutinitasnya, hehe. Semoga makin semangat menebar manfaat! 🙂

    1. aamiin. wa baarakallahu ‘alaik. semangat juga ya fira 😉 salam buat si kechiil

  6. jangan lupa sebut mantra-nya 3x Mbak,
    sekar, sekar, sekar….
    maka pekerjaan pun akan selesai 🙂

    terima kasih dan salam kenal

    1. hehe, salam kenal mas wadiyo 🙂

  7. Itu kantor lu se? Wahh…

    1. bukan buk, itu toko sendal jepit, buk

  8. Wah.. kurang tepat baca (dluan) nih. Harusnya baca episode sebelum ini.

    1. wkwk fadli gaboleh kepo

  9. Kudu nyari 4 episode sblumnya.. 😅

Terima kasih sudah berkunjung :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: