Akhirnya, Ada Ghibli di Jakarta!

Ternyata, butuh sepasukan Studio Ghibli datang ke Indonesia supaya saya tergerak untuk menulis kembali di blog ini. #apabanget

Kira-kira, sejak jadi mahasiswi tingkat akhir, saya mulai kenalan dengan semua kartun karya Hayao Miyazaki. Ingat sekali, hampir setiap hari saya duduk 12 jam lebih di perpustakaan kampus, mengunduh film, mulai dari Holywood, Bolywood, Thailand, Jepang, Korea, China, dll.

Sekali saya suka, passion, cocok dengan sesuatu, saya akan mati-matian mendapatkan sesuatu itu. Pertama film Ghibli yang saya tonton adalah My Neighbor Totoro. Setelah itu, saya cari film lainnya yang masih keluaran Ghibli.

Bahkan, anaknya Hayao Miyazaki yang juga menciptakan film animasi, tak ketinggalan saya unduh. Judulnya Tales from Earthsea.

Meski karya Goro Miyazaki (anak Hayao Miyazaki) tidak sesukses Ayahnya, saya tetap suka. Tak sampai di situ, saya juga cari semua lagu dan instrumen yang dimainkan di setiap film Ghibli. Saya cari mp3-nya, saya unduh. Sampai konser musik memperingati 25 tahun Ghibli yang dipandu langsung Joe Hisaishi pun, saya unduh, sodara-sodara! 

Animasi-animasi yang dibuat Studio Ghibli itu manis, nyeess di hati, sungguh berbeda jauh dari animasi kekinian yang keras, dominasi kisah percintaan laki-laki dan wanita, pokoknya kosong nilai. 

Sebelum menonton Spirited Away, saya sempat baca beberapa ulasan di blog maupun media online tentang film itu, Katanya, penonton harus hati-hati, karena imajinasinya liar sekali. Harus siap dengan kejutan-kejutan. And yes! He nailed it! 

Entahlah. Saya merasa animasi Ghibli dibuat dengan cinta, kasih sayang, dan nurani yang penuh kebahagiaan dari para kreatornya. 

Setelah mengunduh film-filmnya, saya sampai cari pernak-pernik Ghibli juga. Saking saya sukaaaaaa sekali dengan betapa manisnya kisah-kisah Ghibli. :”)

Poster World Tour ini juga keren sekali! Konon, butuh waktu berbulan-bulan bagi desainernya untuk menciptakan logo yang pas bagi pihak Ghibli.

1048089c-7ef2-4933-93cc-a07896a3db7e_169

Agustus-September 2017 akan ada ekshibisi di Ritz Pacific Jakarta. Apa yang saya cari akan ada di sana! Yattaaaaa! Oh, bahkan sekarang saya sudah antusias menunggu! 😀

2 comments

  1. Jujur sebenarnya aku lebih banyak dapet kesan horor pas nonton Totoro :/
    Tapi iya imut sih Totoro nya

  2. HAHAHAHA! Akhirnya muncul lagi kak! Betul, sepertinya kabar tentang sepasukan Ghibli itu tidak sia-sia…

    Aku kok sama Spirited Away biasa aja ya. Takjub sih tetep. Tetapi ada rasa nggak nyaman pas ketemu beberapa makhluk aneh di sana (terkhusus nenek sihir jahat itu, lupa namanya). Untuk Ghibli favorit: Totoro! Sampai sekarang masih inget adegan nunggu bus kucing itu sama tarian penumbuh beringin itu. Ohh timeless…

Terima kasih sudah berkunjung :)

