Ketika Dikejar Deadline…

Kalo lagi dikejar deadline, kira-kira apa yang ada di pikiran penulis?

Satu : muncul semua kemampuan dewa; kreativitas, ide-ide cemerlang ajaib keren unik dst dst.
Dua : singkirkan semua pekerjaan, mari bermalas-malasan!

Saya? Tentu dong yang ke…..DUA! *Bwahahahahahag!

Saya lagi males ngapa-ngapain dari kemaren. Padahal kerjaan kantor mulai melambai-lambai. Apalagi kalo bukan naskah berita dan segudang janji liputan. Herrr.. -__-

Bodo ah. Lagi pengen berleha-leha dan ngeblogwalking aja. Dari kemarin ngubek-ubek isi blognya buibuk batak yang sekarang tinggal di Finland dan gedein dua anak cowok super duper aktif pinter lucuk. Gilak, mata nyaris juling karena baca postingan dari Januari 2011 dan terakhir Februari 2013. Mana tiap bulan tulisannya ga cuma satu kan. Minimal 4-6 tulisan. Kebayang berapa postingan yang saya baca? Huahahaha. Tapi emang seru sih. Kayaknya saya sama buibuk itu punya dua kesamaan deh; sama-sama pemalas dan pelupa. Bhahahak! *maaf loh mak, emak sendiri yang bilang kan* :p

Jangan salah. NgeBW gini bukan terus buang-buang waktu loh ya. Sama aja kayak jalan-jalan ke toko buku, trus baca-baca cepet dari satu rak ke rak berikutnya. Saya juga dapet manfaat soal parenting dan gimana cara ngajarin anak billingual/multilingual sejak kecil. Top dah emang si mamak finnish satu itu! 😀

Bicara soal blog,

Kalo kata blogger professional, perlu 1 niche untuk blog kita. Jangan campur-campur biar lebih bagus DA/TA-nya. Saya nggak ngerti itu apaan dan (lagi-lagi) malas nyari apa itu DA/TA. Eh, udah sempet nyari definisinya sih tapi lupa saking terlalu panjang dan saintis akademis bleh bleh. Intinya, bisa naikin rating. Dah gitu.

Saya masih random nulisnya. Yang pengen ditulisin, yang pengen dicurhatin, yaudah tulis aja. Sempet mikir juga, saya kan penulis lepas, merangkap wartawan, merangkap ghostwriter, jadi isi blog lumayan ngaruh ke dunia pekerjaan dan lirikan perusahaan.

Misalnya nih, blog saya tulisannya model-model gini, banyak lapak (perusahaan, red.) yang tertarik mempekerjakan saya karena ada ‘muatan’ dan dari segi Bahasa juga nggak kacau, rapih, EBI benar, dan minim typo. Btw, ini menang kompetisi blog nasional loh. *suwombwong*

Tapi ya, saya perlu tempat buat menyumpah serapah. Pokoknya tempat buat curhat seenak jidat dan udel sendiri. Dari 2010 di dunia perblogan pun saya masih maju mundur mau nulis curhat-curhat yang ga perlu peduliin EBI, typo, dll dll atau konsisten nulis pake Bahasa baku dengan isi tulisan bijak cerdas indah keren super sekali.

Eh, kan saya mau bikin domain .com kalo gitu biar di situ aja kali ya tulisan yang serius-serius. Hohoooh. Capek juga tauk hidup di dunia kepenulisan itu, liat tulisan ga bener dikit bawaannya emosi. Termasuk liat tulisan ucapan lebaran yang bertaburan, EBI salah, typo… jangan sampek kesalahan Bahasa itu bikin hipertensi. Sabaaarrr…

Yah, pada dasarnya, blog ini isinya curhatan campur-campur seorang…. Kuli tinta. Apa aja yang berhubungan dengan nulis, dikerjain. Jadi wartawan, ghostwriter, editor dan penulis lepas, semua dikerjain. Curhatan kuli tinta yang sering tertekan karena kejebak mampet ide.

Btw lagi,

Nemu tulisan-tulisan nyablak macem buibuk finnish ini, udah jutaan kali saya temuin yang serupa dan banyak yang jauh lebih koplak. Tapi ya itu, maju mundur. Nah, mungkin momentum mamak finnish ini bikin saya berpikir ulang untuk maju aja deh. Tapi… elaaah masih banyak tapinya.

Saya kangen masa-masa di mana saya bisa bebas nulis curhatan yang paling sensitive di blog gini. Tapi alamakk! sekarang blog saya ini udah tersiarkan luas dan terkoneksi dengan medsos lain. Udah banyak temen tau. Temen main, temen kantor, temen kampus, temen baru kenal di jalan, dll dll. Hiks malu kan kalo tiba-tiba posting cacian buat si anu, eh yang dihina baca. Hahahah.

Pernah ada obrolan saya dengan kawan dekat,

A : “sekarang semua orang beda sama gue. Nggak kayak dulu, pada sungkan, hormat, dst dst” (saat itu emang kondisinya dia jauh beda sama dia 3-4 tahun lalu waktu kami pertama kenal)

S (Saya) : “Menurut gue, lo yang sebenernya itu yang sekarang. Gausah ngarep balik lagi jadi kayak dulu. Dulu itu lo pake topeng, makanya sering capek, makan ati. Nikmatin aja hidup lo yang sekarang. Nggak usah berandai-andai. Asal besok hari lo ga berbuat nista, makan makanan halal, kerja yang baik, berkawan yang sehat, nggak usah neko-neko sih jadi orang.” (jawab saya sambil nguap-nguap. Jadi dibilang bijak juga enggak deh kayaknya)

A : (ga nanggepin. saya curiga dia juga ikutan nguap)

Ini jawaban khas introvert. Kadang bingung juga deh, saya suka tantangan (suka banget ditantang ngelakuin sesuatu yang belum pernah dilakuin orang/yang sifatnya menaklukan ketakutan sendiri ini saya suka banget banget meskipun buat memulai teteup weh ketakutan gemeter panas dingin) dan yang aneh-aneh. Tapi….. disatu sisi, saya benci keributan, berisik, cinta ketenangan, suka yang cepat simple praktis.

Eh kok jadi ke tipe kepribadian.

Yah intinya mau nulis random aja sih. Kan udah dibilang, kalo mepet deadline, saya jadi manusia nomor dua. Dan imajinasi jadi lebih liar karena dalam keadaan rileks kali ya.

Besok mau posting lagi, mau bayar utang. Sekalian kita lihat besok apakah saya masih malas (which is ini normal buat seorang sekar) atau kembali menekuni pekerjaan tulis-menulis serta meneruskan kembali novel yang sempat tertunda (ini baru abnormal).

Bhay.

 

13 comments

  1. Blognya Seerika yg dimaksud kah?

    1. ketebak yak hahaha. kulihat komen mbaktyke di sana. komenku banjir tapi abis itu sebel sama diri sendiri soalnya kalo excited for the first time suka kebablasan :/

      1. Wkwkwk namany jg ngefans yaa

        1. emm.. ternyata ngefansnya cuma seminggu haha >,< abis itu ganti lagi sama blog lain. Da aku mah sering gitu, gampang pindah ke lain hati :"

  2. Kak cerita dong tentang pengalaman jadi ghostwriter? Dan…. kenapa tertarik dengan buibuk finnish pasti ada kaitannya juga dengan suka Finland?

    1. nanti aku bikin postingan khusus hehe. Kayaknya sih pernah nulis. Oh ya! di sini https://sekarsekarsekar.wordpress.com/2016/09/25/cerita-si-kuli-tinta-5/

      tapi sekilas doang sih hehe

  3. Kar, saat saya menulis ini, ini sudah “besok”. Hahha..

    1. maksute piye?

      1. Paragraf terakhir kar 😹

  4. Bahahahak satu dan dua sudah dijalani. Begitu deadline kurang dua pekan baru kelar 1/4 tulisan. Terlalu asik bermalasan. Selanjutnya keluar kekuatan ajaib buat ngelarin.

    1. kuli tinta juga nih mas diptra? o,O

      1. Boleh dibilang iya, tapi dalam bentuk gambar haha. Tapi nulis buku juga kemarin.

  5. deadline harusnya seluruh tenaga terfokuskan, ehh

Terima kasih sudah berkunjung :)

