Category Daily Life

Rencana-rencana Pasca Ramadhan 2017

Hari terakhir Ramadhan, hari pertama saya mulai ngeblog lagi (Yeaaay!) Setelah jutaan tahun blog nggak diurus, ditengok pun enggak, kini saatnya saya umumkan bahwa saya hendak pindah ke domain pribadi .com. Ugh yeah! *salsadancing* tapi masih diurus sih, dan gagal muluk. Bhahak! Ada banyak kejadian selama saya vakum ngeblog. Pun pertimbangan-pertimbangan yang belum jadi kenyataan […]

Cerita Si Kuli Tinta #6

Di kantor, khususnya anak baru yang rawan diplonco senior, rolling tugas liputan jadi momen paling dag-dig-dug-ser. Pasalnya, sebagai wartawan, saya harus siap bertemu orang dengan jenis watak yang baru lagi, dan tentunya siap menulis berita model news. Oh ya, saya belum pernah cerita ya tentang pengalaman selama enam bulan jadi wartawan. Saya dapat halaman non […]

Rasanya Hidup di Jakarta

Enam bulan lebih tinggal di Jakarta, akhirnya saya tahu kenapa kota itu disebut-sebut sebagai kota dengan kehidupan yang kejam, keras, manusia-manusianya harus tahan banting, pokoknya segala sebutan yang berbau banting tulang, termasuk ‘kerja apa aja yang penting bisa tetep hidup’ 

Ketika Pekerjaan Melenceng dari Jurusan

Dosen saya pernah bilang, hanya 30% lulusan PT yang bekerja sesuai bidangnya/program studinya. Sisanya, kemana saja; mengejar passion yang sudah lama ditinggalkan, menekuni hobi, jualan, jadi IRT, atau bahkan nasibnya jauh dari ekspektasi pendidikan alias bekerja serabutan, dan jenis-jenis pekerjaan yang dianggap (maaf) rendah.

Lulusan Pertanian, Kenapa Jadi Wartawan?

Well, ini pertanyaan yang jutaan kali orang tanyakan, khususnya dari narasumber yang saya liput. “Kamu lulusan pertanian, kenapa jadi wartawan?”

Cerita Si Kuli Tinta #5

Sudah hampir dua bulan saya jadi karyawan kantor. Menyenangkan? Ya, lumayan. Saya sudah mulai menikmati rutinitas jurnalis yang bolak-balik bertemu orang baru, tokoh besar, orang-orang hebat, termasuk berulang kali menulis berita yang diburu tenggat waktu pengumpulan dan berkali-kali juga bikin ngos-ngosan. So far, saya bisa mengikuti alhamdulillah… 

Cerita Si Kuli Tinta #4

Hidup saya berubah 180 derajat dalam dua pekan belakangan. Saya bukan lagi penulis lepas yang bisa dengan bebas menentukan waktu kerja, istirahat, membaca buku, menonton film, jalan-jalan dari satu lingkaran ke lingkaran keilmuan lain. Saya tidak bisa lagi sesukanya menentukan jadwal sehari-hari.

Belajar Mengeja Huruf Pada Suatu Malam

Tiga tahun lalu, di tengah kesibukan menyelesaikan kuliah, saya punya pekerjaan baru di rumah setiap malam, selain menyelesaikan PR akademik tentunya. Saya yang terbiasa hidup tanpa saudara kandung, tiba-tiba merasa kerepotan dengan pekerjaan ini. Begitu pun Ibuk, dan Tante yang kebetulan memang tinggal serumah. Kami bertiga ternyata sama-sama kaget dengan perubahan hidup yang boleh dibilang […]

Pertanyaan Menyebalkan

Saya pernah (bahkan sering) merasa sebal minta ampun dengan orang yang bertanya tentang sesuatu macam anak balita. Pertanyaan-pertanyaan dasar yang jawabannya bisa dia usahakan dulu, bisa dia cari sendiri sebelum pertanyaan itu keluar dari mulut. Soal literasi misalnya. Sering orang bertanya ke saya, Orang (O): “Kamu bisa dapat info lomba nulis dari mana?” Saya (S): […]

Takut Gagal Ujian Masuk

Saya takut, saya tidak lolos seleksi untuk lanjut kuliah ke jenjang master. Syaratnya memang harus pakai tes. Ketakutan saya agaknya lebih tepat disebut ketakutannya pecundang. Setiap saya cerita tentang ini, Ibuk selalu bilang, “Kamu nggak perlu mikir begitu. Wong belum mulai kok udah mikir gagal. Ibuk yakin kok kamu diterima.”

Wisuda!

Eh, saya sudah wisuda! 😀 Rasanya bahagia, tapi masih ada yang kurang. Setelah saya cari-cari, ternyata saya cuma kurang bersyukur. Maka ketika wisudawan lain tertawa-tawa bersama kawan-kawan mereka, orang tua, keluarga, saya cuma bisa senyum. Rasanya plong, tugas akhir yang demikian panjang, menguji kesabaran, menantang ego, menguras pikiran-tenaga-waktu, menagih tanggung jawab sebagai mahasiswa untuk segera […]

Tentang Update Status di Facebook

Sekitar 3 hari lalu saya update status di facebook. Status yang cukup panjang dan akan bersambung selama… entah berapa hari ke depan. Boleh jadi sampai seterusnya, saya akan lebih rajin posting status. Eh, ini kemajuan bukan ya? Pasalnya, saya paling malas update status. Kenapa ya? Saya kok selalu merasa takut gitu. Takut orang-orang akan mudah […]

Gagal ke Luar Negeri

Kadang saya iri dengan kawan-kawan kampus yang bisa ke luar negeri, entah exchange, presentasi paper yang cuma sepekan dua pekan, atau sekadar traveling pakai duit sendiri maupun dibayari karena menang kompetisi. Memangnya saya tidak mencoba? Oh, sudah berulang kali. Lalu menyerah karena selama berulang kali itu belum ada yang berhasil? Ehm…. yaa… fifty fifty. Dibilang […]

Mencari Sesuatu ke Masjid Salman ITB

Beberapa hari lalu saya berkesempatan mengunjungi masjid salman ITB. Bersama rombongan kondangan satu mobil, kami mampir untuk sholat. Itu saja. Tidak ada kegiatan lain yang kami niatkan di masjid tersebut, misalnya saja, tidur sebentar, atau bertemu kawan di ITB.

Kisah di dalam Penjara

when you’re going through something hard and you start wondering where Allah is, just remember; the Teacher is always quiet during a test Kakak kelas saya masuk penjara. Terhitung sudah 1 tahun lebih. Masa tahanan yang diterimanya 16 bulan. Sewaktu dia dimasukkan ke grup whatsapp, saya langsung sapa beliau.  Kami mengobrol lewat pesan pribadi. Lama, […]