#VersiSekar Terinspirasi dari blog-blog tetangga yang posting tentang lagu-lagu kesukaan, lagu-lagu yang slow and mellow, but give a new spirit for a brand new day. Saya juga ah~ Entah kenapa, saya kurang suka “menyukai lagu yang udah pasaran disukai orang” Haha. Terlalu mainstream aja gitu. Belum lagi, lagu-lagu pasaran itu biasanya sering sekali diputar di televisi, […]

Saya takut, saya tidak lolos seleksi untuk lanjut kuliah ke jenjang master. Syaratnya memang harus pakai tes. Ketakutan saya agaknya lebih tepat disebut ketakutannya pecundang. Setiap saya cerita tentang ini, Ibuk selalu bilang, “Kamu nggak perlu mikir begitu. Wong belum mulai kok udah mikir gagal. Ibuk yakin kok kamu diterima.”

Eh, saya sudah wisuda! 😀 Rasanya bahagia, tapi masih ada yang kurang. Setelah saya cari-cari, ternyata saya cuma kurang bersyukur. Maka ketika wisudawan lain tertawa-tawa bersama kawan-kawan mereka, orang tua, keluarga, saya cuma bisa senyum. Rasanya plong, tugas akhir yang demikian panjang, menguji kesabaran, menantang ego, menguras pikiran-tenaga-waktu, menagih tanggung jawab sebagai mahasiswa untuk segera […]

Sekitar 3 hari lalu saya update status di facebook. Status yang cukup panjang dan akan bersambung selama… entah berapa hari ke depan. Boleh jadi sampai seterusnya, saya akan lebih rajin posting status. Eh, ini kemajuan bukan ya? Pasalnya, saya paling malas update status. Kenapa ya? Saya kok selalu merasa takut gitu. Takut orang-orang akan mudah […]

Apalagi kalau bukan My Stupid Boss (MSB). MSB seolah-olah jadi tren anak muda maupun dewasa, sampai orang tua. MSB mewabah gara-gara akting Reza Rahadian yang gokil, total, dan bisa banget! Selain tentu karena bukunya juga bagus, ceritanya kocak, dan best seller.

Kadang saya iri dengan kawan-kawan kampus yang bisa ke luar negeri, entah exchange, presentasi paper yang cuma sepekan dua pekan, atau sekadar traveling pakai duit sendiri maupun dibayari karena menang kompetisi. Memangnya saya tidak mencoba? Oh, sudah berulang kali. Lalu menyerah karena selama berulang kali itu belum ada yang berhasil? Ehm…. yaa… fifty fifty. Dibilang […]

Beberapa hari lalu saya berkesempatan mengunjungi masjid salman ITB. Bersama rombongan kondangan satu mobil, kami mampir untuk sholat. Itu saja. Tidak ada kegiatan lain yang kami niatkan di masjid tersebut, misalnya saja, tidur sebentar, atau bertemu kawan di ITB.

Akhirnya saya memutuskan berangkat ke lokasi yang lagi ngehits sekarang ini; Big Bad Wolf (BBW). Tadinya udah bertekad mau kekep dompet. Sayangnya, tekad itu hanya mitos belaka. Sebab sepanjang sejarah kehidupan manusia di muka bumi, yang namanya puasa belanja di tengah bazar besar dunia perbukuan merupakan fitnah keji. Setelah gagal janjian sama temen sekampus, akhirnya […]

Mendidik anak sama dengan mendidik zaman. Setiap tantangannya hanya dapat dijawab oleh orang tua yang punya kekokohan iman, kerapihan struktur pengetahuan, dan bermental pahlawan. Rumah dan orang tualah tempat pertama yang harus siap sedia menjawab berbagai macam pertanyaan dasar utama, berhubungan dengan pembentukan pola pikir dan cara pandang anak.

Sudah kusiapkan tikar untuk pertemuan kita di masa depan. Sambil duduk, kelak akan kita nikmati suatu pagi yang jernih dan sayup. Di sampingnya, sudah siap camilan manis, gurih, dan asam. Setiap kita mulai mencicip salah satunya, selalu saja mewakili satu rasa di masa lalu. Ketika kita saling memandang, di sanalah letak cerita berkelindan membawa cinta.

18 mei Begitu tiba di penghujung hari, waktunya aku bertaruh dengan takdir. Ketika ia menang, aku berharap tidak perlu menjadi gadis 3 tahun yang sulit duduk tenang. Dengan kata lain, aku harus siap gagal. Kegagalan memenuhi hasrat diri dikarenakan jarak antara hasrat yang berkobar dengan keterbatasan kemampuan memenuhi tuntutannya semakin lebar, menyebabkan diri berpotensi didera […]

406 halaman ini sukses mengaduk-aduk perasaan. Meminjam istilah anak muda sekarang; bikin baper. Ketika tahu sebelumnya bahwa sang penulis tidak hanya menerbitkan buku, tapi juga membabat habis ratusan naskah skenario FTV, pantaslah jika jalan cerita Mr & Mrs Writer ini kaya bumbu dan tidak picisan.

when you’re going through something hard and you start wondering where Allah is, just remember; the Teacher is always quiet during a test Kakak kelas saya masuk penjara. Terhitung sudah 1 tahun lebih. Masa tahanan yang diterimanya 16 bulan. Sewaktu dia dimasukkan ke grup whatsapp, saya langsung sapa beliau.  Kami mengobrol lewat pesan pribadi. Lama, […]

Namanya Kahfiya, lebih sering dipanggil Key. Dia adalah salah satu teman saya yang –selain membaca buku dan berdoa– selalu berbicara setiap malam dengan Coki sebelum tidur. Coki artinya cokelat dan indah, begitu nama yang ia siapkan sejak dua bulan, sebelum Ayahnya menjanjikan kehadiran Coki mengisi rumahnya yang cuma dihuni dua kepala; Key dan bibinya.

Laiknya konsistensi, keteguhan punya kesamaan analogi. Teguh ibarat menggenggam bara api. Meskipun nyalanya kecil saja, tangan mana yang kuat? Jangankan digenggam, disentuh pun kulit sudah melepuh, panas, terbakar. Sebab kesulitannya yang sedemikian besar, maka dekatilah, akrabilah, sahabatilah siapapun ia yang hatinya tidak pernah mudah terombang-ambing, lembut di satu sisi namun pada saat yang sama ia […]